Dari Responsi HIV/AIDS berubah PJK (sudah berhadapan langsung dengan bapak dosen)

Standar

 

Secara mendadak dan tiba-tiba tepat jam perkuliahan praktik keperawatan dasar dewasa pukul 13.00 sebuah kabar yang mengejutkan tiba(lebay… hahaha) sipend mengumumkan kalau ada responsi dari tugas kelompok anemia dan HIV/AIDS , kebetulan kelompokku dapat materi tentang HIV/AIDS . kegaduhanpun dimulai saat pembagian nomor undian untuk nomor urut kelompok yang akan response. pengambilan nomor urutpun dilakukan dari kelompok 1-13… dan kelompokkupun dapat giliran ke-6 untuk responsinya… kami menunggu detik-demi detik , menunggu tiap-tiap kelompok yang maju mulai dari kelompok 1 sampai kelompok ke-4,, mereka ada didalam sekitaran kurang dari 15 menit mereka keluar.. dan menampakkan ekspresi senang , ada yang tertawa sampai tebahak-bahak… gak tauu juga sii mereka tertawa karena mereka bisa jawabnya atau malah sebaliknya.. kurang tauu juga karena aku gak Tanya-tanyain mereka gimana sewaktu didalam… apa… bisa jadi mereka stress karena dilontari pertanyaan-pertanyaan yang membuat mereka tidak bisa menjawab… (hehehe gak tauu juga aku gak mikirin yang aku pikirin adalah semoga aku bisa jawab pertanyaan dari bapak dosen pembimbingnya).dan ketika kelompok 4 masuk aku di beritahu bahwa jam itu juga ada target tentang perawatan payudara di lab yang jaraknya subhanallah jauh dari lokasi aku akan dieksekusi (di Tanya-tanyai … macam-macam dan berharap aku dan kelompok bisa menjawab semua itu…. Amiiinnn). Aku mencari buku target didalam tasku dan wahh alamat aku harus pulang kekos untuk ngambil bukunya yang ternyata aku tinggal.. bersama dengan checklistnya juga . akhirnya aku dan teman kelompokku L pulang bersama mengambil buku targetnya…

Lari-lari sampai di kos haaaaahhh ternyata aku lupa menaruh bukunya aku berantakin semua buku yang udah ditata rapi… dan akhirnya aku dapatkan !!!! . segerah aku lari menuju tempat responsi ,temanku L ternyata sudah di tempat.. HAHH syukurlah kalau begituu.. kelompok 5 sudah masuk.. kini aku merasa spot jantung, takikardi dan hipoksia, dehidrasi (hahahaha) semuanya aku rasakan karena aku lari-lari tadi. Aku membuka HP ku dan ada sms :

“.. targetnya udah selesai ni. Kata ibunya yang belum disuruh nyari waktu lain”

Haaahhh… aku langsung melongo dan aku pun memberitahu temanku L .. lalu apa artinya tadi aku lari-lari demi buku target dan planingnya kalau selesai responsi ini kami langsung bisa target dan mengurangi beban pikiran tugasnya. L  …..

Semakin cepat suara jantungku lup..dup…lup..dup…  baru aku mau duduk ehhh gak lama kemudian kelompok 5 sudah keluar ruangan dengan muka semringah ,senang “mereka aja bisa masa aku gak bisa semangat!!!” dalam hatiku . “ayooo teman-teman semangat!!!” seruku pada teman-teman kelompokku.

Peperangan pun dimulai , aku membuka pintu ruangan bapak dosen dan dengan gaya seperti biasanya bapak dosen kami yang ceria dan selalu menebar senyum ke setiap mahasiswanya(gak pelit senyum). Kami ber-4… temanku 2 cowok sebut saja ya si S dan si T dan 2 cewek sebut saja aku dan si L. Kami duduk berderet dan sambil tersenyum berharap tidak ditanya-tanyai macam-macam(haaahaaaa J)

Bapak dosen : “mana hasil kerja kelompok kalian ? apa yang kalian dapatkan setelah membaca dan membuat tugasnya??” (dengan senyum manisnya menanyakan itu ke kelompokku)

Aku : “ ini pak tugas yang kami buat “( sambil menyerahkan hard copy ke bapak dosen)

L : “ tentang Asuhan Keperawatan Pasien Dengan HIV/AIDS pak”(tambah temanku yang cewek)

Bapak dosen:” kalau gak di responsi kalian pasti kebanyakan gak ada yang belajar kan…. Kalau seperti ini kan saya juga lebih tau kalian paham atau tidak dengan mata kulaih yang saya ampu”

(kami ber-4 hanya tersenyum… JJJ)

Bapak dosen : “tugas yang pertama sebelum ini kalian dapat kasus apa yaa?? “ (sambil membuka-buka makalah tugas kami).

Aku : “eeemm.. itu pak tentang apa yaaa… ( mikir karena terlalu banyak tugas yang diberikan dari mata kuliah lain seabreg dahhh).. itu pak tentang pjk “

L:” penyakit jantung koroner pak “

Bapak dosen :” penyakit jantung koroner yaa… kaloo begitu hari ini responsinya tentang pjk aja yaaa,,, saya yakin kalian bisa menguasai tentang HIV/AIDS nya…”(jawab dosen dengan senyum )

Didalam hatiku APPPAAA PJK?? Haduuhhh matii deh aku mana udah mulai samar-samar menghilang dalam ingatanku … bapak dosennya gimana siii masaa kan yang di responsi harusnya HIV/AIDS ehh malah mundur ke tugas yang kemaren-kemaren-kemarennya lagi… haaahhh yaaa aku lupaaaa mungkin materinya gak tak buka-buka lagii kalau tauu gini kan tadi aku bisaa persiapan belajar dan mengingat dikit-dikit .. L

Aku: “haduhh gimana L aku kayaknya lupa dehhh “

L:”udah terima aja kenyataanya memang seperti ini menyedihkan .. yakin kita pasti bisa jawab” (bisik-bisik)

Bapak dosen :”PJK ?? apa siii ituu …”

……

Aku: “penyakit jantung koroner adalah penyakit yang di sebabkan karena adanya sumbatan dari pembuluh darah pak”

L:” biasanya disebut aterosklerosis”

Bapak dosen :”lalu ada apa disana?”

Aku: mikir duluuuu “hmmm itu pak ada semacam plak/lemak/kolesterol yang menutupi sebagian atau seluruh airan pembuluh darah.”

L :”karena kadar kolesterol yang tinggi”

Bapak dosen: “apa factor resiko penyebab PJK ?”

L:”karena obesitas”

Aku:”merokok”

S dan T :”peminum pak… orang yang suka minum-minuman keras/alcohol pak”

Aku:”sering mengkonsumsi tinggi kafein”

L:”karena diit yang terlalu berlebih lemak”

Aku:”tinggi kolesterol pak dank arena kebiasaan hidup yang tidak sehat”

L:”karena semakin bertambahnya umur juga pak”

Bapak dosen:” apakah anda semua beresiko?”

Aku dan L:”iya pak kami beresiko”


bapak dosen:”kenapa?”

L:”karena kebiasaan hidup yang tidak sehat “

Bapak dosen:” contohnya?

L :”hmmm karena setiap hari saya makan gorengan dan makanan yang banyak lemak pak “(hahahaaa jawaban yang pas dengan kehidupan anak kos… maklum gorengan menjadi  makanan wajib  yang dikonsumsi bagi anak-anak kos J)

T :”karena merokok juga pak”

Bapak dosen :”stress karena kalian akan ketemu saya untuk response ..itu juga termasuk .”(sambil tertawa)

Kamipun ngikut tertawa… JJ

Bapak dosen :”terus dari adanya aterosklerosis tadi dapat menyebabkan apa?”

Aku :”nekrosis jaringan”

Bapak dosen “tidak sebelum itu apa dulu “

Mikirr lamaaa…… lolaaaaaa(loading lama).

L :”iskemik jaringan “

L  :” iya jadi aterosklerosis tadi menyebabkan darah membawa O2  yang seharusnya di transfer ke jaringan lain jadi terhambat penyaluran O2 nya.. jadi mengakibatkan kematian jaringan , iskemi.”

Bapak dosen : “manifestasinya apa?”

Duhhh dibagian ini-nih aku yang gak suka … kok tiba-tiba file di otakku terasa ada virus dan menghilangkan datanya…

Bapak dosen : “nyeri dada… terus apa lagi biasanya?”

Loading…

Aku : “sesak nafas, berdebar-debar.. “

Bapak dosen :”sesak nafas bisa kalau terjadi nyeri yang hebat”

Bapak dosen:” saya tidak akan menanyakan tentang EKG nya terlalu jauh ,, cumin yang jadi pertanyaan disini ada masalah dimana pada PJK ?”

Aku:” mungkin di gambaran EKG pada Q,R,S nya pak mengalami ST .Elevasi”

(jawab ngasal … haaaahaaa )

Bapak dosen :” bukan pada Q,R,S nya… tapi pada apa???

(Hahaaa salah ternyata hmmm ngasal ini,,, J… terus pada apanya pak?? Kasih tauu dong ??? JJ)

Bapak dosen :”pada Q .nya yang mengalami ST.Elevasi…”

 

Bapak dosen :”diagnosa apa yang mungkin muncul untuk pasien dg PJK ?”

L :”nyeri…. Nutrisi..”

Bapak dosen :” nyeri iya,,, tapi kalau nutrisi belum sejauh itu … terus apalagi “

Aku :”gangguan perfusi jaringan, cemas/ansietas ”

S:” intoleransi aktifitas”

Bapak dosen i:”iya bisa jadi apa lagi”

…..

Bapak dosen:” nah kalau aterosklerosis tadikan dikatakan kalau ada sumbatan pada pembuluh darah lalu bagaimana mekanisme selanjutnya… jantung berfungsi untuk apa ?”

Aku , L, A dan B :” memompa darah dan oksigen”

Aku :” untuk diedarkan keseluruh tubuh”

Bapak dosen :”terus ada resiko apa disana jika darah yang membawa oksigen terhambat?”

Terjadi apa…???

Aku :”Resiko curah jantungnya menurun pak”

Bapak dosen :” okeh segitu saja dulu untuk penatalaksaannya bisa kalian baca dan dipelajari sendiri yaaa,,, dan untuk materi HIV/AIDS juga kalian harus menguasainya.. ini makalahnya kalian bawa saja”

Legaaa baget rasanya kebanyakan pertanyaan bapak dosenya bosa kami jawab walaupun banyak loadingnya lemoot hhahaaahhh… setidaknya masih inget dikit-dikit materi PJK kemaren… thanks.. Ya Allah…. J J

Hahaa pengalaman yang berharga aku jadikan ini semua sebagai pengalaman untuk kedepannya …. Harus lebih rajin belajar lagi walaupun itu materii yang udah berlalu tapi tetap diungkit-ungkit lagi suwaktu-waktu…. Intinya haris baca,pahami,dan dicermati, secara baik –baik jadi kalau nanti diulang lagi lupanya gak banyak…. Hahahahaaahahahhhh…..

Tinggalkan komentar